Minggu, 06 Juni 2010

Cnectd, Aplikasi ala BlackBerry Messenger Versi Universal


Saat ini BlackBerry bisa dikatakan sebagai salah satu ponsel yang unggul dalam menduduki pasar perangkat ponsel cerdas. Dengan fasilitas khususnya berupa Blackberry Messenger (BBM) membuat sebagian masyarakat meminatinya dan dengan cepat berpindah ke smartphone ini. Namun tidak sedikit juga penggunanya yang beralih ke platform lainnya, atau menjalankan perangkat sekunder di samping BlackBerry mereka.

Kini ada aplikasi baru yang mampu mengurangi tingkat penggunaan dua perangkat yang terlihat “berlebihan” itu. Aplikasi bernama Cnectd ini merupakan aplikasi cross-plaform, yang memungkinkan penggunanya untuk chatting dengan mereka yang menggunakan platform lain. Dengan mengambil konsep dari aplikasi Instant Messenger (IM) pada umumnya, Cnectd menjadikan dirinya sebagai aplikasi chat yang bisa dimanfaatkan oleh mereka yang menggunakan platform Android, iPhone, Symbian, dan BlackBerry.

Proses pendaftaran Cnectd cukup sederhana, dan dapat dilakukan langsung pada aplikasi ini tanpa harus mengunjungi situsnya terlebih dulu. Tampilan dibuat nyaris serupa dengan BBM sehingga pengguna Blackberry dapat dengan mudah beradaptasi dan langsung menggunakannya. Untuk menambahkan kontak juga dilakukan dengan cara sederhana, cukup klik "add contact" dan masukkan ID dari pengguna Cnectd lain. Aplikasi ini juga dilengkapi fitur "Grup", yang menjadi sangat berguna ketika cross-platform chatting dengan beberapa orang.

Salah satu pengembang aplikasi ini, Lawrence Bernard, mengatakan bahwa peluncuran aplikasi Cnectd dalam versi Beta sudah dilakukan seminggu yang lalu sebagai uji coba. Peluncuran versi Beta dimaksudkan untuk mendapatkan seberapa besar umpan-balik yang mampu didapatkan dari aplikasi tersebut sebelum nantinya meluncurkan versi finalnya. Menurut Bernard, aplikasi ini mendapat sambutan yang baik.

Semenjak diluncurkan, aplikasi ini sudah digunakan oleh banyak pengguna ponsel dengan platform-platform tersebut. Pemberitaan melalui Twitter dan pesan dari mulut ke mulut serta broadcast message BBM membuat penggunaan aplikasi ini meroket. Sejauh ini terdaftar lebih dari 60.000 pengguna baru dalam waktu 24 jam. Saat ini aplikasi ini memang baru tersedia dalam versi Beta dan hanya dapat untuk perangkat yang menjalankan OS 4,5 dan ke atas. Namun melihat sambutan positif dari pengguna, nampaknya pihak Cnectd tak sungkan lagi untuk merilis full version-nya.

Penggunaan Cnectd juga mulai menjangkiti pengguna BlackBerry di Indonesia. Setelah sempat menjadi trending topic di Twitter dan menjadi pesan yang disampaikan dari broadcast messenger BBM, Cnectd menjadi salah satu aplikasi yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Anda tertarik mencoba? Cukup dengan mendownload aplikasi ini di http://cnectd.getjar.com pada ponsel ber-platform “prasyarat”, lalu ikuti saja langkah-langkah selanjutnya. Jadi sekarang, ponsel beda platform pun bisa menikmati BBM layaknya Blackberry dalam genggaman

Sumber :www.teknopreneur.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar